Kumpulan tips android dan cara root, aplikasi, apk, Photoshop, Kecepatan internet dll


1

Jumat, 05 Juli 2013

Belajar Mengedit dan Memperbaiki Foto dengan Photoshop Levels - Bagian 2

2

Photoshop levels mampu mengedit foto secara cepat dengan hasil yang memuaskan. Kita dapat mengatur kontras dan tingkat terang dari setiap warna dengan fleksibel sesuai imajinasi.

Di sini kita akan mencoba memperbaiki foto yang agar tampak lebih hidup. Sekaligus mengedit agar foto dapat dicetak dengan hasil terbaik.

Banyak istilah dalam tutorial ini yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Jadi, agar lebih memahaminya disarankan untuk membaca artikel mengedit foto dengan photoshop levels bagian 1.

Catatan! Panduan dalam tutorial ini menggunakan versi Photoshop CS3. Namun secara umum teknik yang dipelajari di sini masih relevan dengan Photoshop versi lainnya.

Praktek cara memperbaiki warna, khususnya untuk memperbaiki atau menetralkan warna kulit, dapat ditemukan pada artikel dari kategori edit wajah.

Step By Step Mengedit Foto dengan Levels

Dalam contoh ini kita akan memperbaiki gambar RGB. Langkah-langkah di sini memang ditujukan untuk gambar berwarna, namun dengan sedikit penyesuaian kita juga dapat menerapkan untuk gambar grayscale.


Foto yang kita gunakan di sini sebenarnya cukup bagus, namun warna dan kontras yang terekam oleh kamera membuat foto ini tampak datar. Foto ini diambil pada pagi hari, dimana cahaya asli dari matahari masih menyisakan warna kemerahan. Di sini kita hendak mengembalikan kontras dan warna biru dari langit dan laut namun tetap mempertahankan nuasa pagi yang pada orang dan kapal, serta menjaga agar area midtone tidak terlalu gelap.

1. Memilih Auto Levels

Buka foto yang hendak di edit, lalu klik icon New Adjustment Layer � Level pada Layer Palette.

Klik tombol Auto (penjelasan mengenai Auto Levels dapat dibaca di bagian 1). Disini terlihat nilai Input, Gamma maupun Output Levels tidak berubah sama sekali. Ini karena Photoshop telah mengatur tingkat terang secara terpisah pada tiap Channel.


Mengedit Foto per Channel 

Walaupun kadang memberikan hasil yang terduga, khusus untuk foto ini, fungsi Auto Levels bekerja cukup baik. Namun terlihat Midtone tampak terlalu gelap dan kontras yang terlalu tinggi, khususnya pada area Shadow. Warna biru juga yang terlalu pekat, warna riak laut juga tampak kurang natural. Kita akan memperbaikinya pada langkah selanjutnya dengan mengedit per channel.

2. Mengatur Warna dan Kontras Channel Red

Klik Channel dan pindah ke Channel Red. Di sini akan terlihat perubahan pada Input Levels yang telah dilakukan oleh Auto Levels.

Kita Naikkan nilai Gamma ke 1,20 untuk mengembalikan Midtone dari warna merah.


Levels merupakan editor warna non-linier. Artinya perubahan pada salah satu channel warna dapat diperbaiki melalui channel warna lain, dan inilah kekuatan sesungguhnya dari Levels. Jadi, jika foto kita saat ini tampak terlalu merah, akan kita perbaiki melalui channel lain.

3. Mengatur Warna dan Kontras Channel Green

Klik Channel Green, naikkan nilai Gamma ke 1,15 untuk menetralkan Midtone merah agar tampak lebih kuning.

Naikkan nilai Highlight ke 234 untuk mengembalikan brightness warna hijau.


4. Mengatur Warna dan Kontras Channel Blue

Klik Channel Blue, naikkan nilai Gamma ke 1,20 untuk mengurangi kontras warna biru.

Naikkan nilai Highlight ke 216 untuk membuat warna biru tampak lebih terang, sekaligus menetralkan warna hijau kekuningan yang muncul awan dan riak air laut saat kita mengedit Channel Green.


5. Mengatur Warna dan Kontras Channel RGB

Klik RGB, untuk kembali ke Channel komposit, naikkan nilai Shadow ke 7 dan nilai Highlight ke 245 untuk mengedit kontras foto.

Klik OK untuk menutup jendela Levels.


Sampai di sini, kita telah mengedit foto dengan perubahan yang cukup drastis dibanding aslinya. Jika foto ini hanya untuk ditampilkan di Layar, maka langkah edit kita sudah cukup. Namun jika kita hendak mencetaknya ke kertas foto, sebaiknya dilanjutkan ke langkah berikut.

Mengedit Foto untuk Pencetakan 

Saat di cetak, warna dan kecerahan foto yang ditampilkan di layar belum tentu sesuai dengan apa yang muncul dikertas. Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut, antara lain kualitas reproduksi warna dari Monitor dan Printer kita, Color Profile dan Color Mode yang digunakan, serta faktor-faktor lainnya. Salah satu cara untuk meminimalisir Color Mismatch atau ketidaksesuaian warna tersebut adalah dengan mengatur Output Levels.

Mesin cetak mahal maupun printer rumahan umumnya sulit untuk mencetak densitas tinta yang lebih tinggi dari 98% atau kurang dari 3%. Jika suatu bagian warna terlalu gelap, bagian tersebut dicetak dengan warna hitam, begitupun sebaliknya.

6. Mengatur Output Level untuk Pencetakan

Klik dua kali Levels Adjustment Layer kita pada Layer Palette untuk membuka lagi jendela Levels (secara default channel berada pada mode RGB).

Naikkan nilai Output Levels untuk Shadow ke 9 dan turunkan Highlight menjadi 248.


Foto mungkin tampak agak sedikit lebih pucat, tapi jika dicetak, rentang warna dalam foto akan direproduksi dengan sempurna oleh mesin atau printer kita.

Klik OK untuk menutup jendela Levels. Perbedaan gambar original dan hasil edit kita terlihat jelas pada gambar di bawah.


Demikian beberapa langkah mudah untuk memperbaiki foto dengan Levels yang disertai penjelasan dasar atas fungsi dari setiap langkah. Dengan memahami pengetahuan dasar ini umumnya kita akan mudah menyelesaikan berbagai ketidaksesuaian warna pada foto-foto yang akan kita edit. Jadi sesulit apapun masalah yang dihadapi nanti, semua akan terasa mudah.

Belajar Mengedit dan Memperbaiki Foto dengan Photoshop Levels - Bagian 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown